Generasi terbaru internet wireless telah tiba di seantero Hong Kong. Long Term Evolution (LTE) demikian teknologi baru ini dikenal menjanjikan akses internet lebih memuaskan bagi penduduk di negara tersebut.
Jaringan LTE itu disebut-sebut akan memberikan kecepatan sangat tinggi di seluruh Hong Kong. Media setempat bahkan mempromosikan LTE di Hong Kong akan memungkinkan pengguna menonton streaming film atau event olahraga live di jalan bahkan di atas bukit dengan kualitas jaringan sangat baik dan gambar sangat jernih.
Dikutip detikINET dari AFP, Sabtu (27/11/2010), jaringan internet generasi keempat itu digelar oleh operator mobile Hong Kong bernama CSL bekerjasama dengan pembuat perlengkapan telekomunikasi ZTE Corporation.
"Peluncuran perdana jaringan LTE di Asia ini benar-benar bersejarah," kata Joseph O'Konek selaku Chief Executive CSL.
Dikatakan olehnya, bagi sebagian besar orang ini akan menjadi pengalaman pertama mereka dalam internet. Mereka berada pada keuntungan besar dari generasi internet sebelumnya karena LTE melompati semua teknologi fix line.
Jaringan LTE saat ini telah beroperasi di Eropa, Skandinavia, dan Amerika Utara. Negara lain di Asia, Jepang, segera menyusul dengan menghadirkan LTE sebelum akhir tahun ini.
27 Nov 2010
Source:http://www.detikinet.com/read/2010/11/27/104207/1503749/328/internet-generasi-keempat-tiba-di-hongkong/
Membantu Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank Dalam Penerapan Sustainable Finance (Keuangan Berkelanjutan) - Environmental & Social Risk Analysis (ESRA) for Loan/Investment Approval - Training for Sustainability Reporting (SR) Based on OJK/GRI - Penguatan Manajemen Desa dan UMKM - Membantu Membuat Program dan Strategi CSR untuk Perusahaan. Hubungi Sdr. Leonard Tiopan Panjaitan, S.sos, MT, CSRA di: leonardpanjaitan@gmail.com atau Hp: 081286791540 (WA Only)
Monday, November 29, 2010
UU ITE: 'Pasal Transaksi Elektronik Bakal Persulit Perbankan'
Salah satu yang dibahas Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) adalah mengenai transaksi elektronik, tepatnya tertuang dalam Pasal 5-22. Transaksi elektronik diprediksi bakal sulit berjalan karena justru akan menyulitkan perbankan. Demikian diungkapkan Pakar Internet Onno W. Purbo, melalui e-mailnya kepada detikINET, Senin (31/3/2008).
Transaksi elektronik sangat tergantung pada konsep tanda tangan digital dan konsep Certificate Authority. Padahal saat ini sebagian besar transaksi internet di Indonesia masih berbasis e-mail. Menurut Onno, 99,99% transaksi elektronik yang ada di Indonesia, terutama yang melalui Internet, tidak menggunakan tanda tangan digital, apalagi menggunakan Certificate Authority.
Di lain sisi, transaksi elektronik umumnya digunakan oleh perbankan yakni pada layanan e-banking. Pasal transaksi elektronik nantinya justru akan memblokir perbankan Indonesia karena terkendala pasal 13 ayat 5, yang mewajibkan Certificate Authority yang digunakan harus terdaftar di Indonesia.
Celakanya, beberapa situs e-banking di Indonesia ternyata menggunakan certificate authority yang berlokasi di luar negeri. Misalnya Bank BCA menggunakan Cybertrust SureServer Standard Validation CA; Bank Permata, BII dan Lippobank menggunakan VeriSign International Server CA.
"Terlihat jelas sebagian besar menggunakan jasa VeriSign & Cybertrust. Sejauh pengetahuan yang ada semua Certificate Authority (CA) ini tidak terdaftar di Indonesia. Semua terdaftar & berlokasi di Amerika Serikat," tandas Onno.
31 Mar 2008
Source:http://www.detikinet.com/read/2008/03/31/130700/915866/399/-pasal-transaksi-elektronik-bakal-persulit-perbankan-
Transaksi elektronik sangat tergantung pada konsep tanda tangan digital dan konsep Certificate Authority. Padahal saat ini sebagian besar transaksi internet di Indonesia masih berbasis e-mail. Menurut Onno, 99,99% transaksi elektronik yang ada di Indonesia, terutama yang melalui Internet, tidak menggunakan tanda tangan digital, apalagi menggunakan Certificate Authority.
Di lain sisi, transaksi elektronik umumnya digunakan oleh perbankan yakni pada layanan e-banking. Pasal transaksi elektronik nantinya justru akan memblokir perbankan Indonesia karena terkendala pasal 13 ayat 5, yang mewajibkan Certificate Authority yang digunakan harus terdaftar di Indonesia.
Celakanya, beberapa situs e-banking di Indonesia ternyata menggunakan certificate authority yang berlokasi di luar negeri. Misalnya Bank BCA menggunakan Cybertrust SureServer Standard Validation CA; Bank Permata, BII dan Lippobank menggunakan VeriSign International Server CA.
"Terlihat jelas sebagian besar menggunakan jasa VeriSign & Cybertrust. Sejauh pengetahuan yang ada semua Certificate Authority (CA) ini tidak terdaftar di Indonesia. Semua terdaftar & berlokasi di Amerika Serikat," tandas Onno.
31 Mar 2008
Source:http://www.detikinet.com/read/2008/03/31/130700/915866/399/-pasal-transaksi-elektronik-bakal-persulit-perbankan-
K-TOUCH H800: Sebarkan Lagu Lewat Gelombang Radio
Ponsel K-Touch H800 menambahkan satu fungsi untuk mem-broadcast lagu lewat gelombang radio FM. |
Penciptaan produk ponsel sekurangnya harus memiliki satu keunikan. Meskipun kelak konsumen pula yang memastikan, apakah ponsel dengan fitur unik tersebut bisa diterima atau tidak. Langkah yang ditempuh oleh K-Touch, brand asal negeri China yang sanggup survive menghadapi persaingan di bursa ponsel lokal, merilis sebuah ponsel dengan kesanggupan mengirimkan lagu melalui gelombang radio FM.
Fitur seperti ini sebenarnya sudah dikenalkan oleh Nokia melalui apa yang disebut Transmitter FM. Pengguna dapat "menyiarkan" lagu favorit ke ponsel lain (yang memiliki fasilitas serupa) dengan menggunakan salah satu band dari gelombang FM. Memang agak sulit menentukanband, apalagi seperti di Jakarta yang hampir smeua gelombang FM penuh oleh stasiun radio. Namun K-Touch menyebutnya dengan fitur Radio FM Broadcast.
Selain itu, ponsel dengan julukan H800 ini tetaplah menempatkan fitur-fitur social network,chatting, dan mikroblog di atas segalanya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut peran tombol keyboard QWERTY tetaplah diperlukan demi kenyamanan.
Akan halnya ponsel bikinan China, fasilitas mendasar macam dual SIM GSM, kamera VGA, serta aplikasi penting macam adzan, penolakan SMS dan voice, fasilitas bluetooth menjadi standar baku.
K-Touch memang terus bergeliat menunjukkan penjualan terbaiknya. Menurut Andy Tanudjaja, Marketing Manager K-Touch Indonesia, yang penting adalah kualitas. "Sudah menjadi komitmen kami untuk mempertanggungjawabkan segi kualitas produk kami terhadap konsumen," ujarnya. (ANDRA/FORSEL)
26 Nov 2010
Indosat dompetku: Transfer Uang dan Belanja Pakai Ponsel
Transaksi keuangan lewat ponsel makin banyak alternatifnya. Selain memberikan pengalaman baru, layanan seperti ini menawarkan kepraktisan karena pengguna tidak harus membawa uang tunai untuk berbagai kebutuhan.
Salah satu layanan semacam itu adalah Dompetku yang disediakan Indosat bagi para pelanggannya. Kali ini, layanan Dompetku dari Indosat pun sudah dapat dipakai untuk saling berkirim uang, tidak hanya untuk transaksi pembayaran saja. Ada dua fitur utama Dompetku, yakni "dompet kirim uang" dan "dompet belanja".
Fitur "dompet kirim uang", memungkinkan pelanggan untuk melakukan pengiriman uang tunai ke sesama pelanggan Indosat yang telah terdaftar sebagai pelanggan dompetku, sedangkan "dompet belanja" memungkinkan pelanggan untuk melakukan berbagai transaksi belanja di merchant, pembayaran tagihan, pembelian pulsa airtime dan transfer saldo dompet belanja antar pelanggan dompetku Indosat yang telah terdaftar.
"Dengan fitur baru dompetku yaitu dompet kirim uang dan dompet belanja, pelanggan Indosat dapat melakukan berbagai transaksi keuangan dengan mudah, aman, dan efisien, langsung dari handphone pelanggan," ujar Laszlo Barta, Director and Chief Commercial Officer Indosat, di Jakarta, Kamis (25/11/2010). Layanan ini bisa dimanfaatkan pelanggan Mentari, IM3, dan Matrix.
Namun, untuk menggunakan layanan Dompetku, pelanggan harus harus memiliki account yang telah didaftarkan. Account yang dimaksud adalah nomor handphone, yaitu nomor pelanggan Indosat yang aktif. Caranya cukup mudah, pengirim cukup mendatangi Galeri Indosat dengan membawa uang tunai, mengisi formulir pengiriman uang dan identitas diri. Layanan ini baru di 4 kota yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang.
Kemudian, pelanggan penerima akan mendapatkan notifikasi SMS perihal telah dilakukan pengiriman uang tunai. Penerima dapat langsung menarik uang di Galeri Indosat dengan mengisi formulir penarikan uang, menyerahkan kartu identitas diri, membalas konfirmasi sms mengenai penarikan uang dan penerima dapat langsung menerima uang tunai sejumlah pengiriman.
Sementara, dengan dompet belanja, pelanggan dompetku Indosat dapat melakukan pembayaran belanja di Alfamart, cukup dengan menggunakan token (kode pembayaran untuk pembelanjaan di merchant) dan pelanggan dapat dengan mudah melakukan transaksi pembelian. Saat ini pembelian dapat dilakukan pada Alfamart 24 jam yang tersebar di area Jabotabek, Surabaya dan Bandung.
Pelanggan juga bisa melakukan berbagai transaksi belanja di merchant, pembayaran tagihan, pembelian pulsa airtime GSM Indosat dan Non Indosat serta transfer saldo dompet belanja ke sesama pelanggan dompet belanja lainnya. Bedanya dengan dompet kirim uang, saldo dompet belanja hanya dapat digunakan untuk melakukan transaksi diatas dan tidak dapat diuangkan.
Salah satu layanan semacam itu adalah Dompetku yang disediakan Indosat bagi para pelanggannya. Kali ini, layanan Dompetku dari Indosat pun sudah dapat dipakai untuk saling berkirim uang, tidak hanya untuk transaksi pembayaran saja. Ada dua fitur utama Dompetku, yakni "dompet kirim uang" dan "dompet belanja".
Fitur "dompet kirim uang", memungkinkan pelanggan untuk melakukan pengiriman uang tunai ke sesama pelanggan Indosat yang telah terdaftar sebagai pelanggan dompetku, sedangkan "dompet belanja" memungkinkan pelanggan untuk melakukan berbagai transaksi belanja di merchant, pembayaran tagihan, pembelian pulsa airtime dan transfer saldo dompet belanja antar pelanggan dompetku Indosat yang telah terdaftar.
"Dengan fitur baru dompetku yaitu dompet kirim uang dan dompet belanja, pelanggan Indosat dapat melakukan berbagai transaksi keuangan dengan mudah, aman, dan efisien, langsung dari handphone pelanggan," ujar Laszlo Barta, Director and Chief Commercial Officer Indosat, di Jakarta, Kamis (25/11/2010). Layanan ini bisa dimanfaatkan pelanggan Mentari, IM3, dan Matrix.
Namun, untuk menggunakan layanan Dompetku, pelanggan harus harus memiliki account yang telah didaftarkan. Account yang dimaksud adalah nomor handphone, yaitu nomor pelanggan Indosat yang aktif. Caranya cukup mudah, pengirim cukup mendatangi Galeri Indosat dengan membawa uang tunai, mengisi formulir pengiriman uang dan identitas diri. Layanan ini baru di 4 kota yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang.
Kemudian, pelanggan penerima akan mendapatkan notifikasi SMS perihal telah dilakukan pengiriman uang tunai. Penerima dapat langsung menarik uang di Galeri Indosat dengan mengisi formulir penarikan uang, menyerahkan kartu identitas diri, membalas konfirmasi sms mengenai penarikan uang dan penerima dapat langsung menerima uang tunai sejumlah pengiriman.
Sementara, dengan dompet belanja, pelanggan dompetku Indosat dapat melakukan pembayaran belanja di Alfamart, cukup dengan menggunakan token (kode pembayaran untuk pembelanjaan di merchant) dan pelanggan dapat dengan mudah melakukan transaksi pembelian. Saat ini pembelian dapat dilakukan pada Alfamart 24 jam yang tersebar di area Jabotabek, Surabaya dan Bandung.
Pelanggan juga bisa melakukan berbagai transaksi belanja di merchant, pembayaran tagihan, pembelian pulsa airtime GSM Indosat dan Non Indosat serta transfer saldo dompet belanja ke sesama pelanggan dompet belanja lainnya. Bedanya dengan dompet kirim uang, saldo dompet belanja hanya dapat digunakan untuk melakukan transaksi diatas dan tidak dapat diuangkan.
26 Nov 2010
Situs Phishing Berbahasa Indonesia Jadi Perhatian
Situs phishing, aksi tipuan yang mengincar data pribadi, makin giat merambah pengguna media sosial. Situs berbahasa Indonesia pun jadi perhatian.
Demikian salah satu sorotan dalam laporan bulanan Symantec Messaging and Web Security dari perusahaan keamanan Symantec yang dikutip detikINET, Rabu (24/11/2010).
Konon, di antara situs phishing non-bahasa Inggris dalam media sosial, ada tiga bahasa yang paling populer. Ketiganya adalah Portugis, Italia, dan Spanyol.
Namun, peneliti keamanan Symantec juga mengawasi beberapa situs bahasa non-Inggris lainnya. Ini mencakup Indonesia, Rusia, Albania, dan Turki.
Pelaku phishing pun rupanya kian getol mencari data-data pribadi pengguna layanan media sosial, seperti Twitter atau Facebook.
Menurut laporan itu, phishing media sosial mencakup 4 persen dari keseluruhan aksi phishing di Oktober 2010. Ini menunjukkan peningkatan 80 persen dibandingkan September 2010.
Untuk memikat korbannya, pelaku menggunakan klaim sebagai layanan keamanan dari media sosial tertentu. Nah, pengguna situs media sosial itu akan diminta memasukkan username dan login di situs palsu.
Jika hal itu sampai terjadi, dampaknya bisa cukup mengerikan. Selain data pribadi korban, pelaku juga bisa menargetkan teman-teman korban dalam jejaring sosial.
24 Nov 2010
Source:http://www.detikinet.com/read/2010/11/24/134132/1501273/323/situs-phishing-berbahasa-indonesia-jadi-perhatian/
Demikian salah satu sorotan dalam laporan bulanan Symantec Messaging and Web Security dari perusahaan keamanan Symantec yang dikutip detikINET, Rabu (24/11/2010).
Konon, di antara situs phishing non-bahasa Inggris dalam media sosial, ada tiga bahasa yang paling populer. Ketiganya adalah Portugis, Italia, dan Spanyol.
Namun, peneliti keamanan Symantec juga mengawasi beberapa situs bahasa non-Inggris lainnya. Ini mencakup Indonesia, Rusia, Albania, dan Turki.
Pelaku phishing pun rupanya kian getol mencari data-data pribadi pengguna layanan media sosial, seperti Twitter atau Facebook.
Menurut laporan itu, phishing media sosial mencakup 4 persen dari keseluruhan aksi phishing di Oktober 2010. Ini menunjukkan peningkatan 80 persen dibandingkan September 2010.
Untuk memikat korbannya, pelaku menggunakan klaim sebagai layanan keamanan dari media sosial tertentu. Nah, pengguna situs media sosial itu akan diminta memasukkan username dan login di situs palsu.
Jika hal itu sampai terjadi, dampaknya bisa cukup mengerikan. Selain data pribadi korban, pelaku juga bisa menargetkan teman-teman korban dalam jejaring sosial.
24 Nov 2010
Source:http://www.detikinet.com/read/2010/11/24/134132/1501273/323/situs-phishing-berbahasa-indonesia-jadi-perhatian/
Subscribe to:
Posts (Atom)
Understanding the Presidential Candidates’ Environmental Policies and Potential Stances for the Carbon Marke
| Carbon Policy Lab Understanding the Presidential Candidates’ Environmental Policies and Potential Stances for the Carbon Market Indonesi...
-
PT Konsorsium Televisi Digital Indonesia (KTDI) menggelar uji coba siaran televisi digital di wilayah Jabotabek. Siaran uji coba itu merupak...
-
Kementerian Kehutanan (Kemenhut) menerapkan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) untuk menghentikan masuknya produk kayu dari hasil p...