Thursday, January 13, 2011

BNI Dukung Pelatihan The Climate Project 2011


Al Gore Berikan Ceramah Iklim di JCC Jakarta, 09 Januari 2011.
Al Gore:  Indonesia bisa menjadi negara superpower geothermal
 
Bertempat di Jakarta Convention Center tanggal 08 – 10 Januari 2011, Mr. Honorable Al Gore memberikan pelatihan Juru Kampanye (Presenter) kepada lebih dari 350 peserta dari 21 Negara di kawasan Asia Pacific. Event yang berjudul “Asia Pacific Summit on The Climate Project” merupakan acara tahunan The Climate Project untuk membekali para sukarelawan iklim dengan pengetahuan dan teknik-teknik presentasi tentang dampak dan penanganan perubahan iklim yang telah menjadi problem dunia selama satu dasawarsa terakhir. 

Dalam ceramahnya di acara ini, Al Gore memprediksi Indonesia bisa menjadi negara superpower penggunaan energi panas bumi (geothermal) sebagai sumber tenaga listrik. Saat ini, 40 persen panas bumi dunia ada di Indonesia, namun kapasitas yang terpasang untuk mengambil panas bumi itu baru mencapai 4 persen dari seluruh potensi yang ada. "Indonesia bisa menjadi negara superpower untuk energi listrik dari panas bumi dan hal itu bisa menjadi kelebihan untuk ekonomi Indonesia," kata Al Gore dalam pidato pembukaan The Climate Project Asia Pacific Summit di Balai Sidang Senayan Jakarta, Minggu (9/1). 
Rekan-rekan BNI dan Lead Fellows C-15 berpose bersama di sela-sela konferensi.

Para sukarelawan yang didik oleh The Climate Project datang dari berbagai macam profesi. Mulai dari anak-anak sekolah, mahasiswa, guru, ilmuwan, pekerja swasta, artis, banker, rohaniawan, aktivis LSM, pengusaha hingga pensiunan. Semuanya berbaur menjadi satu untuk berlatih bagaimana menyuarakan problem perubahan iklim ke seluruh dunia secara efektif. Sukarelawan akan bertugas mensosialisasikan dan mengkomunikasikan adaptasi serta mitigasi dampak perubahan iklim di komunitas mereka masing-masing. The Climate Project merupakan perkumpulan juru bicara iklim yang bersifat voluntary yang dibentuk oleh Mr. Al Gore (Mantan Wapres AS dan Peraih Nobel Perdamaian tahun 2007) dan terkoneksi ke seluruh dunia. Pelatihan ini juga dihadiri oleh pegawai BNI termasuk pejabat Divisi  Komunikasi Perusahaan (KMP) yang nantinya akan bertugas menjadi presenter Climate Change di komunitas masing-masing.

Selain berpartisipasi, BNI juga mensponsori konferensi ini karena ini merupakan bagian dari komitmen dan misi BNI dalam memikul tanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial. Kegiatan ini juga menjadi sarana BNI dan rekan-rekan BNI Go Green untuk berbagi pengalaman dan ilmu pengetahuan diantara komunitas dan korporasi untuk menyuarakan kepedulian terhadap alam dan lingkungan.(LTP)

No comments:

Understanding the Presidential Candidates’ Environmental Policies and Potential Stances for the Carbon Marke

  | Carbon Policy Lab Understanding the Presidential Candidates’ Environmental Policies and Potential Stances for the Carbon Market Indonesi...