Tuesday, November 16, 2010

Sari Pan Pacific Raih 'ASEAN Green Hotel Award'

Penghargaan bertaraf internasional ini tak hanya sekedar memberikan gengsi, tetapi juga bukti keikutsertaan industri perhotelan dalam menyelamatkan lingkungan. Sebagai salah satu peraih 'ASEAN Green Hotel Award' apa saja yang telah dilakukan Sari Pan Pacific?

Ket.foto:Credit: Sari Pan Pacific Hotel

Tepatnya Rabu, 10 Februari 2010, Sari Pan Pacific Jakarta menerima sebuah penghargaan bergengsi bertaraf Internasional. Penghargaan 'ASEAN Green Hotel Award' tersebut berhasil diraih oleh salah satu hotel berbintang yang berlokasi di pusat kota Jakarta tersebut sebagai bukti peran sertanya dalam upaya menyelamatkan lingkungan.

Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan 'ASEAN Green Hotel Award'? 'Asian Green Hotel' merupakan penghargaan yang diberikan kepada hotel-hotel yang ramah lingkungan dan melakukan penghematan energi dengan 11 kriteria utama. Diantaranya adalah efisiensi energi dan air, kebijakan lingkungan, tindakan dan operasi hotel, penggunaan produk ramah lingkungan, kerjasama dengan masyarakat dan organisasi lokal dan praktik eco-tourism yang berkelanjutan menjadi bahan pertimbangan para juri.

Penghargaan yang diraih oleh Sari Pan Pacific ini diberikan saat 'Tourism Forum 2010' yang berlangsung di Brunei, 25 Januari 2010 dengan diwakili Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. Sedangkan yang dimaksud 'Tourism Forum 2010' merupakan ajang pameran dagang yang berputar setiap tahun di antara negara-negara anggota ASEAN. Termasuk acara pertemuan kelompok kerja pariwisata dengan para pakar dan pejabat senior badan-badan pariwisata negara-negara ASEAN.

Hal ini menunjukkan perhatian ASEAN terhadap masalah lingkungan termasuk dengan meningkatkan standar industri hotel melalui ASEAN Green Hotel Awards. Penghargaan diberikan setiap tahun kepada para pemilik hotel dan industri oleh Menteri Pariwisata masing-masing negara ASEAN, dalam hubungannya dengan ASEAN Tourism Forum dan berlaku selama dua tahun.

Lalu pada tanggal 10 Febaruari 2010 lalu, penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Menbudpar, Ir.Jero Wacik, SE kepada Luc Bollen selaku General Manager Sari Pan Pacific. Sari Pan Pacific Jakarta dinilai telah berhasil mengambil bagian dalam upaya menyelamatkan lingkungan dan telah lulus dalam seleksi dengan kriteria standar yang tinggi.

Seperti dikutip oleh "Green" Hotel Association, The Green Hotel Standar ini tidak hanya bermanfaat secara ekonomis tetapi juga menguntungkan bagi para pelakunya. Selamat untuk Sari Pan Pacific Jakarta semoga keberhasilan ini dipertahankan dan bahkan ditiru oleh para pelaku industri hotel lainnya di Indonesia!
( dev / Odi ) 

15 Feb 2010
Source:http://www.detikfood.com/read/2010/02/15/151757/1299878/294/sari-pan-pacific-raih-asean-green-hotel-award

No comments:

Understanding the Presidential Candidates’ Environmental Policies and Potential Stances for the Carbon Marke

  | Carbon Policy Lab Understanding the Presidential Candidates’ Environmental Policies and Potential Stances for the Carbon Market Indonesi...