Sunday, August 23, 2009

Media Online Harus Masuk dari Berbagai Arah

Layaknya memimpin perang, dalam menjalankan suatu usaha juga diperlukan suatu strategi. Begitu juga dalam menjalankan bisnis media online, harus ada perhitungan matang untuk memenangkan peperangan dalam bisnis media online.

"(Media online) bukan bisnis sembarangan. Infrastruktur yang bagus harus disediakan," ujar Taufik H. Mihardja, Direktur Eksekutif Kompas.com saat menjadi pembicara pada Jambore Pers Indonesia 2009 bertema "Masa Depan Pers Indonesia Tantangan Ekonomi, Politik, Teknologi", di Jakarta, Kamis (20/8).

Selain infrastruktur canggih, lanjut dia, untuk mengembangkan bisnis media online, harus menggunakan beberapa platform. Hal tersebut disebabkan agar media online dapat masuk ke seluruh bagian. Bisnis media online, tambah taufik, berbeda dengan bisnis perangkat keras, sehingga harus bisa menyentuh konsumen dari berbagai arah.

Ia mencontohkan, saat ini Kompas.com menggunakan beberapa format, yaitu website, mobile site dan e-Paper. "Pada tahun 2010 akan ada format reader," kata dia.

Selain itu, Kompas.com juga telah menggandeng beberapa sistem operation (OS) yaitu Java/Symbian, BlackBerry, iPhone, dan Brew. Ke depannya akan ada dua OS yang akan digandeng Kompas.com, yaitu Android dan Palm Press. "Nggak ada yang tahu platfrom mana yang akan populer. Oleh karena itu kita masuk ke seluruhnya saja," ujarnya.

Kamis, 20 Agustus 2009 | 12:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com-http://tekno.kompas.com/read/xml/2009/08/20/12084472/media.online.harus.masuk.dari.berbagai.arah.

No comments:

Understanding the Presidential Candidates’ Environmental Policies and Potential Stances for the Carbon Marke

  | Carbon Policy Lab Understanding the Presidential Candidates’ Environmental Policies and Potential Stances for the Carbon Market Indonesi...