Friday, July 17, 2009

AKSES INTERNET Modem 3G bagi Jejaring Sosial Internet

Jejaring internet dengan nuansa sosial memiliki daya tarik sendiri di kalangan pengguna internet Indonesia. Dan, Indonesia masuk ke dalam jejaring sosial digital skala global dengan pengguna yang tumbuh secara eksponensial, baik akses menggunakan komputer maupun ponsel.

Sampai sekarang tidak ada yang bisa memastikan berapa besar pertumbuhan pengguna internet di Indonesia, terutama mereka yang mengakses situs-situs jejaring sosial, seperti Facebook, Friendster, Blogger, dan WordPress. Para pengamat industri internet memperkirakan, page per view (PPV) Facebook di Indonesia setiap bulan bisa mencapai 2-3 miliar PPV.

Dampak yang ditimbulkan sangat luas serta mencakup ke industri dan bisnis lain. Salah satunya adalah operator telekomunikasi yang memiliki infrastruktur jaringan 3G memungkinkan siapa saja mengakses jejaring internet di mana saja dan kapan saja.

Yang kita saksikan, misalnya, penjualan perangkat Blackberry buatan Kanada meningkat pesat dengan penjualan lebih dari 25.000 unit setiap bulan. Produk lain juga mengalami peningkatan pesat karena dampak akses Facebook ini adalah modem USB, seperti produk ZTE MF 626 yang memiliki fitur rongga memuat kartu SD Micro yang berfungsi sebagai penyimpan digital tambahan bagi komputer.

Modem ZTE MF 626 ini mudah digunakan oleh siapa saja karena ketika dimasukkan ke rongga USB komputer ada aplikasi yang terpasang secara otomatis untuk mengakses jaringan seluler 3G/HSDPA yang secara teoretis memiliki kecepatan 3,6 Mbps.

Kemampuan modem ZTE, perusahaan telekomunikasi ternama di RRC, terbilang sangat stabil dan akan berperilaku sesuai dengan lingkungan jaringan seluler yang digunakan. Kecepatan akan bertambah secara otomatis ketika akses 3G memungkinkan dan tidak banyak digunakan serta akan menyesuaikan diri ke jaringan data GPRS atau EDGE ketika jaringan penuh oleh pengguna. Dan, ZTE MF 626 juga memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan SMS dari komputer. (rlp)

Kamis, 16 Juli 2009 | 04:42 WIB

Source: http://koran.kompas.com/read/xml/2009/07/16/04421156/modem.3g.bagi.jejaring.sosial.internet

No comments:

Understanding the Presidential Candidates’ Environmental Policies and Potential Stances for the Carbon Marke

  | Carbon Policy Lab Understanding the Presidential Candidates’ Environmental Policies and Potential Stances for the Carbon Market Indonesi...