Thursday, July 30, 2009

Konsorsium Televisi Digital Luncurkan Siaran Digital

PT Konsorsium Televisi Digital Indonesia (KTDI) menggelar uji coba siaran televisi digital di wilayah Jabotabek. Siaran uji coba itu merupakan kerjasama enam stasiun televisi swasta, yaitu SCTV, ANTV, Metro TV, Trans Tv, Trans7, dan TvOne.

Direktur utama KTDI, Ishadi SK menjelaskan, mereka akan menggandeng instansi Pemerintah untuk terlibat dalam siaran KTDI. "Dengan demikian, siaran KTDI memiliki nilai tambah dari sisi informasi seperti ramalan cuaca, berita keuangan, lalu lintas, peringatan dini bencana alam, dan lainnya," tutur Ishadi.

Uji coba siaran digital KTDI sebenarnya telah berlangsung sejak pertengahan Januari 2009. Cuma, peresmian uji coba oleh Presiden Susilo Bambang Yudhyono baru dilakukan hari ini (20/5), bertepatan hari Kebangkitan Nasional.

Direktur KTDI, Supeno Lembang menjelaskan, masyarakat bisa menikmati siaran uji coba televisi digital KTDI. Caranya, dengan membeli set top box, yaitu sebuah perangkat penerima yang telah dilengkapi DVB-T Tuner untuk menerima siaran digital. "KTDI tidak menjual set top box, tapi dapat diperoleh di toko-toko elektronik terdekat," kata Supeno.

Saat ini, siaran digital KTDI dipancarkan dengan kekuatan 5 Kw pada frekuensi 46 UHF atau 674 Mhz.

Jakarta, 20 Mei 2009

1 comment:

Anonim said...

TV digital KTDI sdh mati sejak 17 Feb 2010. krn ijin uji coba hbs Nov 2009. nasib yg sdh beli STB?

Understanding the Presidential Candidates’ Environmental Policies and Potential Stances for the Carbon Marke

  | Carbon Policy Lab Understanding the Presidential Candidates’ Environmental Policies and Potential Stances for the Carbon Market Indonesi...