Friday, July 17, 2009

Menjadi Acuan Pelopor Ponsel Masa Depan

Salah satu produsen ponsel kelas dunia yang gencar memperkenalkan produk-produk ponsel terbaru dan mampu memengaruhi tren perkembangan industri ponsel adalah Samsung, perusahaan elektronik dan teknologi komunikasi asal Korea Selatan.

Perusahaan ini menghadirkan fitur dan fungsionalitas ponsel jauh ke depan dengan sejumlah produk andalannya.

Menjadi pelopor dan trend setter ponsel masa depan, Samsung memang menghadirkan berbagai ragam jenis teknologi dan fungsi yang dicangkokkan ke berbagai seri ponsel yang dianggap akan menjadi kecenderungan masa depan. Dan, semua produknya dikemas dengan rancang desain industri kelas dunia, menghadirkan produk-produk yang menggiurkan konsumen.

Sehingga tidak mengherankan, Samsung memiliki beragam faktor bentuk ponsel, mulai dari candybar, ponsel geser, clamshell, hingga yang memiliki papan ketik QWERTY. Samsung juga menjadi ponsel paling sering memadukan berbagai sistem operasi, mulai dari rancangan sendiri berupa kendali menu yang semakin bersahabat, sistem operasi Windows Mobile buatan Microsoft, dan juga sistem operasi Android yang ringan sebagai tren penting perkembangan ponsel cerdas.

Dibandingkan produsen ponsel kelas dunia lain, perusahaan asal Korea Selatan ini memiliki stamina produksi dan rancang desain yang terus-menerus diperbarui, melibatkan integrasi berbagai fungsi dan fitur maupun faktor harga jual yang mudah terjangkau konsumen kebanyakan.

Teknologi jet

Salah satu seri ponsel Samsung paling baru adalah Samsung GT-S8000 atau disebut juga sebagai Samsung Jet. Dari namanya, ponsel terbaru buatan Samsung ini (foto kanan) memang mencerminkan era generasi jet yang serba cepat, serba canggih secara teknologi, dan fitur yang mencerminkan bayangan kita tentang fiksi ilmiah.

Di dalam Samsung Jet ini berisi berbagai teknologi, mulai dari layar sentuh AMOLED yang lebih terang menghadirkan tampilan yang lebih tajam dan jernih, resolusi video 720 x 480 piksel, nirkabel, dua kamera depan dan belakang, koneksi 3G/HSDPA, resolusi kamera digital lima (5) megapiksel, penggunaan prosesor kecepatan tinggi dengan kemampuan komputasi 800 MHz, hingga kapasitas penyimpanan digital internal sebesar 2 GB. Rancang desain GT-S8000 menjadi ponsel idaman karena sesuai dengan genggaman tangan, ringan, ringkas, serta memiliki fitur yang dibalut dengan sistem operasi buatan Samsung sendiri yang disebut sebagai Samsung Handset Platform (SHP) yang mampu untuk berkomunikasi dengan aplikasi komputer melalui kabel maupun koneksi Bluetooth.

Sebagai ponsel futuristik, Samsung Jet terasa sempurna untuk berbagai keperluan, termasuk mengakses jejaring sosial secara mudah melalui sentuhan ikon-ikon yang mudah dikenali penggunanya.

Kualitas video

Sebelumnya, Samsung juga memperkenalkan seri S8300 UltraTOUCH, ponsel faktor bentuk candybar yang menyembunyikan tombol telefoni di baliknya. Samsung S8300 (foto-foto tengah) juga memiliki kemampuan layar sentuh, memiliki koneksi 3G HSDPA generasi terbaru dengan kemampuan akses 7,2 Mbps tergantung kesiapan layanan operator seluler.

Memiliki kamera digital dengan fitur auto focus, resolusi yang mampu dihasilkan ponsel S8300 ini mencapai delapan (8) megapiksel menjadikan ponsel buatan Korea Selatan ini bersanding dengan beberapa ponsel merek lain dengan resolusi yang sama-sama tinggi.

Yang menarik dari S8300 adalah kualitas video yang dihasilkan oleh ponsel cerdas ini, setidaknya memberikan kesan kita sedang menonton tayangan definisi tinggi dalam tayangan monitor kecil. Dan, secara cerdas, Samsung menambahkan fitur codec DivX yang menjadi standar dalam penayangan video digital, memudahkan pemindahan berbagai video untuk dibawa ke mana-mana.

Samsung S8300 menjadi ponsel multimedia lengkap yang mampu untuk memenuhi selera hiburan di mana-mana bagi penggunanya. Tayangan video yang tajam di layar AMOLED dan kualitas suaranya yang jernih menjadikan produk ini sebagai perangkat hiburan yang menyenangkan.

Papan ketik

Seri lain yang termasuk seri terbaru ponsel Samsung adalah seri C6625 (foto-foto paling kiri), ponsel yang mengikuti rancang desain seri Blackjack yang sukses sebagai ponsel dengan papan ketik QWERTY dan sistem operasi Windows Mobile buatan Microsoft. Bedanya dengan seri Blackjack, C6625 ini adalah produk ponsel cerdas yang sangat terjangkau yang menggunakan prosesor dengan kecepatan komputasi 393 MHz.

Kehadiran C6625 di pasaran Indonesia memang memberikan arti yang berbeda dengan maraknya ponsel Blackberry buatan Kanada yang lebih mahal. Mereka yang banyak menggunakan SMS atau sering memperbarui situs jejaring sosial di internet pasti menyukai C6625 ini karena tombol papan ketiknya yang memiliki jarak dan menonjol tidak rata dengan permukaan.

Sayang, ponsel terbaru ini tidak memiliki koneksi nirkabel untuk tersambung dengan hotspot yang semakin banyak tersedia di kota-kota besar, tapi memiliki koneksi seluler kecepatan tinggi teknologi 3G. Mungkin yang menjelaskan kenapa ponsel C6625 ini sangat terjangkau, tapi memadai untuk digunakan guna membalas e-mail atau mengetahui posisi geografis karena dilengkapi dengan fitur GPS.

Dengan berat mencapai 108 gram, C6625 dirancang secara modis dengan desain dua warna putih pada bagian papan ketik dan biru tua pada bagian layar sentuh, sebuah kombinasi yang memberikan aksen rancang desain mewah dan bersahabat untuk digunakan. Ponsel Samsung dengan sistem operasi Windows Mobile 6.1 ini juga memiliki kamera digital dengan resolusi dua megapiksel yang memadai untuk digunakan sehari-hari.

Tantangan

Bagi Samsung, menghadirkan beragam pilihan ponsel memang menjadi tantangan tersendiri, apalagi menghadapi maraknya ponsel-ponsel buatan RRC yang tidak kalah menarik dengan harga jual yang sangat kompetitif di pasaran.

Semua produsen ponsel di seluruh dunia sekarang terus-menerus berupaya menggali dan menghadirkan berbagai teknologi dan fitur melalui riset dan pengembangan yang mendalam untuk menarik minat konsumen. Di tengah krisis ekonomi dan perdagangan yang berkepanjangan yang menurunkan daya beli konsumen, ponsel yang terjangkau dengan fitur teknologi yang lengkap dan tepat guna menjadi pertimbangan penting bagi konsumen.

Dan, peluang untuk menghadirkan berbagai ponsel masa depan tetap luas dengan kemajuan teknologi komunikasi informasi yang menunjukkan angka pertumbuhan yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Tinggal dilihat produsen ponsel mana yang mampu melihat peluang pada masa depan ketika krisis berangsur-angsur memulih. (rlp)

Kamis, 16 Juli 2009 | 04:45 WIB

Source:http://koran.kompas.com/read/xml/2009/07/16/04450773/menjadi.acuan.pelopor.ponsel.masa.depan

No comments:

Understanding the Presidential Candidates’ Environmental Policies and Potential Stances for the Carbon Marke

  | Carbon Policy Lab Understanding the Presidential Candidates’ Environmental Policies and Potential Stances for the Carbon Market Indonesi...