Friday, July 17, 2009

PONSEL KAMERA Resolusi Tinggi Sentuhan Nokia

Bagi produsen ponsel Nokia asal Finlandia, menghadirkan berbagai seri terbaru ponsel menjadi tradisi penting untuk terus-menerus dilakukan sebagai strategi untuk menguasai pangsa pasar ponsel yang terus-menerus diperbarui sesuai dengan selera konsumen maupun kemajuan teknologi itu sendiri.

Sebenarnya, di kalangan konsumen sendiri maupun bisnis secara keseluruhan, kehadiran ponsel-ponsel baru Nokia (terutama seri N yang kaya dengan beragam multimedia) tidak mengubah secara signifikan persentase pangsa pasar. Bahkan, ketika perubahan perilaku konsumen yang mengakses jejaring sosial semakin meningkat pun, komposisi kehadiran ponsel seri terbaru tidak mengubah pangsa pasar maupun minat konsumen.

Misalnya, akhir tahun lalu dominasi ponsel paling populer di Indonesia merek Nokia masih dikuasai oleh seri lama seperti Nokia 6600, N70, maupun N73 yang bertahan lumayan lama sebagai 10 ponsel yang diminati konsumen. Fenomena ini juga terjadi di Malaysia (dengan tambahan N95), Thailand (termasuk N72), dan Filipina.

Semua ponsel Nokia seri N ini termasuk ponsel yang bertahan lebih dari dua tahun sehingga asumsi kita bahwa ponsel bergerak dan tumbuh sebagai perangkat fesyen ternyata meleset kalau memerhatikan statistik tadi. Fenomena ini dalam beberapa urutan juga terjadi di Singapura seperti N85 dan N82, tapi konsumen negara tetangga ini juga menggemari ponsel seri E71 dan E51.

Ponsel seri N terbaru Nokia setelah memperkenalkan seri N97 sebagai ponsel cerdas dengan layar sentuh dan papan ketik QWERTY, Nokia pekan lalu memperkenalkan seri N86 yang memfokuskan pada penggunaan kamera digital dengan resolusi delapan (8) megapiksel, dan fungsi geser dua arah atas dan bawah yang menyembunyikan tombol teleponi dan tombol multimedia untuk memutar musik atau memperbesar foto digital.

Sekilas, kehadiran N86 adalah sebuah kelangsungan dari seri N sebelumnya yang membosankan secara desain maupun fitur. Namun, sepertinya Nokia masih tetap piawai dan mampu memberikan sentuhan menarik atas produk seri N ini.

Kehadirannya memang menjadikan ponsel berkamera ini memiliki resolusi paling tinggi, setara dengan kamera digital kelas prosumer yang sekarang sangat terjangkau dan menjadi minat banyak orang untuk dimiliki. Di sisi lain, kehadiran N86 8MP ini menjadi penting sebagai wujud persaingan kemampuan adu ajang teknologi sebelum kehadiran produk Samsung paling baru seri Pixon 12.

Nokia N86 memiliki tampilan layar OLED yang terang, mampu menghadirkan 16 juta warna pada layar 2,6 inci (diagonal 6,6 cm), koneksi HSDPA memungkinkan untuk mengirim foto digital secara cepat, serta kapasitas penyimpanan internal sebesar 8 GB.

Sebagai ponsel di era jejaring sosial, kamera digital N86 ini menjadi gadget penting menarik karena mampu menghasilkan foto-foto digital dengan resolusi yang tajam dan mudah untuk berbagi di berbagai situs jejaring internet. Dan berbagai fitur ini semua dikemas dan disentuh Nokia sebagai bukti kemampuannya untuk menghadirkan ponsel mutakhir. (rlp)

Kamis, 16 Juli 2009 | 04:44 WIB

Source:http://koran.kompas.com/read/xml/2009/07/16/04440182/resolusi.tinggi.sentuhan.nokia

No comments:

Understanding the Presidential Candidates’ Environmental Policies and Potential Stances for the Carbon Marke

  | Carbon Policy Lab Understanding the Presidential Candidates’ Environmental Policies and Potential Stances for the Carbon Market Indonesi...