Friday, December 18, 2009

2012 Hanya "Kiamat" Teknologi

Siklus Matahari

Berdasarkan pengamatan Lapan ( Lembaga penerbangan dan Antariksa nasional ), tahun 2012 akan menjadi puncak dari aktivitas matahari. Prediksi ini dihitung berdasarkan siklus matahari yang sudah tercatat sejak tahun 1700. Para peneliti matahari di dunia sepakat bahwa saat ini telah memasuki siklus matahari ke-24. Puncak aktivitas siklus akan menimbulkan badai matahari. Salah satu tanda meningkatnya aktivitas matahari adalah meningkatnya jumlah sun spot (bintik matahari). Pada 2012 jumlah sun spot akan meningkat

Sebagai sebuah siklus, badai matahari pernah menyebabkan beberapa kerusakan pada sistem teknologi. Pada awal 1859 badai matahari menyebabkan jaringan telegram rusak terbakar. Salah satu ganguan terhebat akibat badai matahari dialami kanada pada tahun 1989. Badai matahari menghanguskan trafo listrik Hydro-Quebec di negara bagian Quebec yang menyebabkan kelumpuhan total di semua sektor. Sarana transportasi yang menggunakan listrik seperti kereta bawah tanah dan trem berhenti dan membuat semua orang tidak bisa berangkat bekerja. Kantor-kantorpun lumpuh karena listrik mati sepanjang hari.

Beberapa di swedia juga pernah kehilangan pasokan listrik pada peristiwa yang sama terjadi di tahun 2003. Akibat badai matahari ajang piala dunia 2002 di Korea Selatan dan Jepang mengalami gangguan. Namun demikian melihat kondisi matahari yang tenang di tahun 2009 ini, maka badai bisa saja tidak akan terjadi pada 2012 melainkan 2013. Lalu apakah dampak dari badai matahari akan seekstrem sebagaimana dalam film 2012??” Badai matahari tidak akan berdampak langsung kepada manusia, melainkan kepada sistem teknologi”

Istilah kiamat itu lebih cocok diasosiasikan pada kondisi saat manusia tidak bisa memanfaatkan lagi teknologi. Setidaknya ada beberapa dampak yang ditimbulkan dari badai matahari. Akan terjadi gangguan pada jaringan komunikasi yang menyebabkan blackout (teputusnya jaringan komunikasi). Kondisi itu membuat sistem komunikasi manusia pada saat kejadian layaknya mundur ke masa 30 tahun yang lalu. Badai matahari juga menyebabkan gnguan listrik, menyebabkan percepatan korosi pada pipa-pipanya, gangguan pada satelit dan penerbangan yang melewati kutub akan mengalami radiasi yang tinggi. Badai juga berdampak pada iklim dengan meningkatnya suhu permukaan.

Beberapa Gangguan Teknologi Dari Dampak Badai Matahari sbb:

  1. Gangguan ionosfer secara mendadak, memutuskan komunikasi radio HF dalam melakukan penerbangan internasional.
  2. Output baterai dari panel surya menurun/drop dan satelit terganggu (Oktober 1989 dan November 2001).
  3. Satelit komunikasi milik Kanada dan Amerika Serikat mengalami gagal operasi (Mei 1998)
  4. Orbit satelit astronomi Asuka (Jepang) tidak stabil (Juli 2000) dan hilang kontrol (Maret 2001)
  5. Transformer listrik terbakar, listrik Quebec, Kanada, padam (13 Maret 1989) dan Swedia (Oktober 2003).
  6. Gangguan siaran televisi jepang ketika Piala Dunia 2002.
  7. Pengiriman citra dari satelit meteor terganggu.
(Sugeng Wahyudi)
Sumber: Harian Sindo, Kamis tanggal 17 Desember 2009, Hal.12

No comments:

Understanding the Presidential Candidates’ Environmental Policies and Potential Stances for the Carbon Marke

  | Carbon Policy Lab Understanding the Presidential Candidates’ Environmental Policies and Potential Stances for the Carbon Market Indonesi...