Sunday, August 23, 2009

Linksys Media Hub, Sentralisasi Definisi Tinggi




Di tengah kemajuan teknologi komunikasi informasi, penyimpanan digital sekarang menjadi kebutuhan semua orang. Kemajuan jejaring internet memungkinkan siapa saja untuk berbagi foto keluarga, teman, handai taulan, atau tayangan teve yang tidak diterima sanak saudara yang ada di negeri lain.

Tanpa disadari, komputer yang kita gunakan selama ini berisi berbagai macam informasi digital, mulai dari berita sederhana, e-mail, foto, hingga video. Celakanya, ketika komputer menjadi semakin terjangkau, kita pun condong berganti-ganti komputer dari notebook ke desktop atau sebaliknya atau dari notebook ke netbook dan lainnya.

Belum lagi para penggemar musik yang selalu melakukan sinkronisasi iPod dengan komputernya. Tanpa disadari, kita berada pada situasi ledakan informasi digital yang luar biasa, mencakup beragam jenis yang menjadi bagian melekat kehidupan kita sehari-hari.

Di pasaran banyak tersedia perangkat teknologi yang menyediakan jenis penyimpanan yang tersentralisasi, disebut sebagai network area storage (NAS). Masalahnya, ketika jumlah file menjadi terlalu besar dan kapasitas hard disk kita juga sudah mencapai bilangan 1.000 GB, persoalan lain muncul bagaimana menatanya dan mencarinya untuk didengar, dilihat, atau dibaca.

Sesuai kebutuhan

Linksys, perusahaan yang diakusisi raksasa jejaring digital Cisco, memiliki perangkat yang disebut Media Hub yang berfungsi sebagai penyalur digital bagi keperluan kita menikmati musik, melihat foto digital, atau menonton video. Penggunaan dan pemanfaatannya sederhana, dan kapasitas penyimpanannya pun disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Mampu menampung dua buah hard disk, Linksys Media Hub memiliki kinerja kecerdasan yang canggih untuk melakukan multi-streaming secara bersamaan ke beberapa pengguna. Perangkat ini mampu mengalirkan alunan musik ke kamar anak-anak, dan secara bersamaan mengalirkan foto atau video digital ke kamar orangtua mereka.

Bahkan, Media Hub ini juga mampu untuk menayangkan tayangan definisi tinggi 1080p tidak hanya ke layar teve, tetapi juga mudah diakses melalui telepon seluler yang terkoneksi dengan jejaring nirkabel. Sebagai konsep, Media Hub buatan Cisco ini dirancang sebagai server kecil yang melayani kebutuhan multimedia definisi tinggi berbagai rumah tangga. (RLP)

Kamis, 20 Agustus 2009

No comments:

Understanding the Presidential Candidates’ Environmental Policies and Potential Stances for the Carbon Marke

  | Carbon Policy Lab Understanding the Presidential Candidates’ Environmental Policies and Potential Stances for the Carbon Market Indonesi...