Sunday, September 27, 2009

Kapolri Resmikan Pos Polisi Berbasis TI

Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri meresmikan Kepolisian Pos Thamrin yang berlokasi di sebelah timur kawasan Bundaran HI, Jakarta. Polpos Thamrin diresmikan sebagai polpos percontohan yang berbasis teknologi informasi (TI).

"Implementasi kebijakan quick-wins yang sudah di-launching 31 Januari lalu, di mana Polri membuat program quick respons. Polpos berbasis TI ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada publik dengan cepat," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Wahyono dalam sambutan peresmian Polpos Thamrin di kawasan Bundaran HI, Jum'at (25/9/2009).

Polda Metro Jaya menyiapkan 4 regu patroli yang akan bertugas di Polpos Thamrin. "Mereka akan bekerja selama delapan jam secara bergantian. Kenapa delapan jam, karena kondisi mereka harus prima," ungkap Kapolda.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mendukung pembangunan Polpos Thamrin tersebut. Menurutnya, Jakarta sebagai kota besar membutuhkan pengamanan yang berbasis TI seperti di Polpos Thamrin.

"Maka dari itu kami dari Pemda DKI dan Kepolisian bahu-membahu untuk menyediakan pelayanan publik seperti ini," kata Foke.

Polpos Thamrin dilengkapi dengan digital map sebagai panduan pariwisata. Fasilitas monitor dengan teknologi layar sentuh memudahkan warga atau turis yang ingin mendapatkan informasi seputar wilayah Thamrin.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Condro Kirono mengatakan, polpos Thamrin ini berbasis TI yang dilengkapi dengan CCTV.

"Pola patrolinya lebih dikedepankan patroli jalan kaki dan bersepeda karena lokasi jangkauannya sempit," kata Condro.

Patroli motor dan mobil digunakan sewaktu-waktu jika ada kejadian. Polpos Thamrin mengamankan sedikitnya 16 objek vital seperti pusat pertokoan, hotel, kantor kedutaan, dan gedung perkantoran.

Dalam peresmian pospol yang digelar pukul 08.00 WIB itu dihadiri pula oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Taufiq Effendy, Menkominfo M Nuh, dan Menteri BUMN Sofyan Djalil. ( mei / ash ) 



Jumat, 25 September 2009
Source: http://www.detikinet.com/read/2009/09/25/095102/1208880/398/kapolri-resmikan-pos-polisi-berbasis-ti

No comments:

Understanding the Presidential Candidates’ Environmental Policies and Potential Stances for the Carbon Marke

  | Carbon Policy Lab Understanding the Presidential Candidates’ Environmental Policies and Potential Stances for the Carbon Market Indonesi...