Monday, September 28, 2009

Super Komputer IBM Sabet Piagam dari Obama

Presiden Barack Obama menganugerahi IBM dan jajaran super komputer Blue Gene miliknya dengan National Medal of Technology & Innovation. Ini merupakan penghargaan tertinggi di Amerika Serikat untuk para inovator atas keberhasilan memajukan teknologi.

Dijadwalkan, Obama sendiri yang akan menyerahkan penghargaan tersebut dalam sebuah upacara khusus di Gedung Putih pada 7 Oktober 2009 mendatang. IBM, yang sebelumnya telah menerima tujuh National Medal of Technology & Innovation, adalah perusahaan satu-satunya yang menerima penghargaan tersebut tahun ini.

Dalam keterangan tertulis yang diterima detikINET, Senin (28/9/2009), kecepatan dan kemampuan Blue Gene diklaim memungkinkan berbagai organisasi dan sains untuk mengatasi berbagai masalah yang rumit dan membuat keputusan lebih terinformasi. Tidak saja di bidang ilmu pengetahuan, tetapi juga di bidang astronomi, iklim, simulasi, pembuatan model dan banyak bidang lainnya.

Blue Gene dikatakan mampu membantu memetakan genome manusia, membantu riset terapi medis, melindungi persenjataan nuklir, mensimulasikan pembusukan radioaktif, mereplikasikan daya otak, menerbangkan pesawat, menemukan pengobatan untuk mengatasi penyakit tumor, memprediksikan tren iklim, dan mengidentifikasikan bahan bakar fosil – semua ini dilakukan dengan biaya dan waktu yang lebih kecil dari pada jika pekerjaan-pekerjaan ini dilakukan secara fisik.

Saat ini, 18 dari 20 super komputer yang paling hemat energi dibangun berdasarkan teknologi komputasi IBM yang beperforma tinggi, menurut Daftar Supercomputing 'Green500 List' terkini yang diumumkan oleh Green500.org pada bulan Juli 2009.
( ash / faw )

28 September 2009
Source:http://www.detikinet.com/read/2009/09/28/125931/1210270/398/super-komputer-ibm-sabet-piagam-dari-obama

No comments:

Understanding the Presidential Candidates’ Environmental Policies and Potential Stances for the Carbon Marke

  | Carbon Policy Lab Understanding the Presidential Candidates’ Environmental Policies and Potential Stances for the Carbon Market Indonesi...